EVA, Taksi Listrik Pintar Ala Singapura

RAJAMOBIL.COM, Singapura – Singapura tak lama lagi memiliki sarana transportasi baru ramah lingkungan berupa taksi bertenaga listrik bernama EVA. Ini sebagai upaya Negeri Singa itu untuk menekan angka polusi udara.

Sebagai salah satu macan Asia, Singapura tak ingin seperti China yang memiliki tingkat polusi tinggi akibat tingginya volume kendaraan. Untuk mewujudkan EVA, Singapura menggandeng tim insinyur asal Technische Universitat Munchen, Jerman, yang bekerjasama dengan para ilmuwan dari Nanyang Technological University di Singapura dengan proyek bernama TUM CREATE.

Seperti dilansir greencarreports.com, versi final dari taksi listrik itu akan memiliki empat tempat duduk pintar, yang mampu mengusir kelembaban dan panas dari permukaan tempat duduk, sehingga penumpang akan lebih nyaman berkendara.

Selain itu, tempat duduk penumpang depan dapat dilipat ke depan untuk menjadi tempat duduk anak yang dapat mengakomodasi anak usia 9 bulan hingga 3 tahun. Setelah penumpang masuk ke kabin taksi, mereka dapat melakukan pemesanan dan pembayaran online selama perjalanan via sistem hiburan di dalam kendaraan, selain juga dapat mengatur AC dan audio melalui aplikasismartphone.

EVA ditopang dengan motor listrik berkapasitas 50 kW (67 HP) dan ditenagai baterai 50 kWh, sehingga mobil ini mampu melaju hingga jarak 330 km untuk sekali pengisian baterai. Taksi ramah lingkungan ini juga dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 10 detik.

Untuk melihat bagaimana wujud taksi listrik ini, simak videonya berikut ini. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here