Lihat Cara Cerdas BMW Bikin Kamuflase

RAJAMOBIL.COM, Munich – Bila sebagian pabrikan mobil menggunakan stiker untuk menyamarkan penampilan prototipe mobil terbaru,BMW menapak lebih jauh lagi. Bagaimana caranya?

Untuk membuat kamuflase model terbarunya, BMW melibatkan sejumlah insinyur untuk membuat program 3D CAD, sehingga dapat dibuat panel tambahan untuk menutupi bodi asli. Komponen tambahan ini dibuat sangat presisi dan tidak asal-asalan. Pasalnya sukucadang palsu itu akan dipakai untuk menutupi sejumlah bagian bodi kendaraan yang tak ingin terlihat bentuk aslinya.

Dengan cara ini, para fotografer yang kerap mengabadikan dan menerka bentuk prototipe model terbaru sebuah model kendaraan, akan sulit menggambarkan bentuk aslinya.

Jika menggunakan stiker, untuk menempelkannya tak perlu merusak bodi. Tapi dengan cara BMW ini harus merelakan bodi prototipe rusak, karena sukucadang tambahan itu direkatkan dengan menggunakan baut. Dengan begitu, bentuk prototipe tak terlihat wujud aslinya, karena yang terlihat secara kasat mata adalah bentuk dari sukucadang atau panel buatan itu.

Bahan yang dipakai untuk membuat panel tambahan itu adalah plastik ringan ABS, sehingga tak akan banyak mempengaruhi performa kendaraan saat dilakukan pengujian.

Sisi interior juga tak luput dari perlakuan yang sama. Nah, dari cuplikan video berikut, seperti yang dilansir Carscoops, Anda pasti tak bisa menebak bentuk asli dari prototipe 5 Series GT. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here