Mobil Otonom Jaguar Tak Bikin Orang Seperti Barang

RAJAMOBIL.COM, London – Jaguar tak menyangkal bahwa mobil otonom suatu saat akan bebas beroperasi di mana saja. Tapi Jaguar ingin beda dengan yang lain.

Kepala Litbang Jaguar Wolfgang Epple mengatakan, mobil otonom Jaguar tak akan mengikuti mobil otonom dari pabrikan lain, karena pabrikan mobil Inggris ini tak mau menempatkan manusia layaknya barang. Epple menjamin pemilik Jaguar di masa mendatang tak hanya bisa duduk manis di belakang kemudi, sementara mobil melaju tanpa harus dikendalikan.

Menurut Epple, mobil otonom Jaguar kelak akan tetap dapat dikendalikan oleh pengemudinya kapan pun mereka mau sekali pun mobil sudah dilengkapi sejumlah teknologi otonom dan penghindar tabrakan.

“Kami tak ingin menganggap konsumen layaknya barang. Dan kami tak ingin menciptakan robot yang dapat mengantar kargo dari suatu tempat ke tempat lainnya,” demikian pernyataan Epple seperti dilansir¬†Autonews Europe.

Jaguar saat ini masih menggunakan sistem aktif untuk menghindari tabrakan atau mengurangi dampak tabrakan. Tapi ke depan, pengemudi Jaguar masih bisa memilih untuk mengendalikan langsung mobil seperti biasa.

Cuplikan video berikut dapat memberikan gambaran mengenai teknologi pintar yang diterapkan Jaguar untuk membuat pengemudinya nyaman dan aman. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here