Rakyat Belanda Menang Vs Pemerintah Soal Emisi

RAJAMOBIL.COM, Den Haag – Mungkin jarang terjadi gugatan masyarakat terhadap pemerintah terkait regulasi emisi dikabulkan pengadilan. Tapi sekelompok masyarakat di Belanda berhasil mengalahkan pemerintah Negeri Kincir Angin di meja hijau.

Itu setelah mengajukan gugatan terhadap pemerintah karena dinilai kurang gereget dalam melindungi kesehatan rakyatnya. Pengadilan Belanda mengabulkan gugatan itu dan memerintahkan pemerintah Belanda untuk mengurangi kadar emisi karbon sebesar 25% dalam lima tahun ke depan.

Sebelum keputusan pengadilan, pemerintah Belanda telah mencanangkan target pengurangan emisi karbon sebesar 14-17 persen dari level yang tercatat pada 1990.

Menurut laporan Guardian yang mengutip salinan keputusan pengadilan, pemerintah Belanda diminta untuk tidak berlindung di balik argumen bahwa solusi terhadap masalah iklim global bukan hanya tanggung jawab pemerintah Belanda semata, tapi juga merupakan tanggungjawab global.

Berikut cuplikan video mengenai proses peradilan terkait gugatan masyarakat, terutama pemilik mobil, terhadap pemerintah Belanda terkait regulasi pengurangan emisi karbon. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here