Mengintip Proses Perakitan BMW X1

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – BMW menambah deretan model baru yang dirakit di Indonesia. Setelah sebelumnya model anyar BMW seri BMW Seri 3, Seri 5, X3, dan X5 kini X1 juga menjadi pasien di pabrik yang berada di bawah naungan PT Gaya Motor tersebut.

Bertepatan dengan peluncuran All New BMW X1, Rajamobil.com berkesempatan mengunjungi pabrik yang berada di bilangan Sunter tersebut untuk melihat langsung proses perakitan mulai dari tahap awal hingga akhir.

Kapasitas produksi mobil BMW tersebut mampu menampung 12 unit per hari untuk sekali setiap kali produksi. Satu line dirancang untuk memproduksi kelima model tersebut.

Proses perakitan diawali mulai dari penyematan vehicle indentification number (VIN)/ nomer induk kendaraan. VIN diukir di bagian bodi mobil pada proses ini. Gaya Motor menerapkan prosedur scanning untuk menghindari kesalahan data VIN.

Kemudian, dilanjutkan ke proses instalasi kabel elektrikal. Melalui proses ini, seluruh sistem elektrikal mulai dipasang. Setelah installasi usai, mobil masuk ke tahap pemasangan kaca dan antena fin.

Tahap selanjutnya yaitu pemasangan komponen yang terdapat di bawah bodi, termasuk bagian kaki-kaki dan mesin. Setelah semua kom[ponen terpasang, dilanjutkan ke tahap finishing. Seluruh permukaan luar dipoles.

Kemudian tahap paling akhir adalah pengecekan semua mobil untuk menghasilkan kualitas yang tinggi sebelum dirilis oleh Quality Control Department. [yog]

 

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here