TAG Heuer Porsche Formula E Team Meraih Finis Pertama-Kedua Yang Bersejarah

E Formula - 1

RAJAMOBIL.COM, Tim Formula E Porsche TAG Heuer merayakan kesuksesan terbesarnya hingga saat ini dengan kemenangan bersejarah posisi pertama dan kedua di Mexico City E-Prix. Berawal dari pole po-sition di sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez dengan nomor 94 Porsche 99X Electric, Pascal Wehrlein (GER) meraih kemenangan pertama bagi Porsche di ABB FIA Formula E World Cham-pionship. Rekan setimnya André Lotterer (GER) finis kedua di mobil No. 36, membuat keme-nangan sempurna bagi pabrikan mobil sport Stuttgart itu di ronde ketiga Formula E musim ini.

Dengan meraih posisi dua podium teratas di Meksiko, Tim Formula E Porsche TAG Heuer naik peringkat tim ke posisi ketiga. Di klasemen pebalap, Pascal Wehrlein duduk di urutan ketiga, terikat poin dengan André Lotterer di urutan keempat.

Race 3 Overview

 

Mengamankan pole position pertama musim ini untuk Porsche, Pascal Wehrlein mengukuhkan niatnya di kualifikasi. Setelah memimpin lebih awal dalam balapan di sirkuit sepanjang 2,606 kilometer, yang mencakup atmosfer unik dari stadion bisbol Foto Sol yang terkenal, Wehrlein berada di posisi ketiga dengan setengah jalan. Memulai balapan dari posisi grid ketiga, rekan setimnya André Lotterer mengikuti di belakang di posisi keempat. Kesenjangan antara paket terkemuka itu ketat. Namun, pada fase terakhir, strategi balapan yang sempurna dari TAG Heuer Porsche Formula E Team dan manajemen energi yang optimal membuahkan hasil. Wehrlein naik ke posisi kedua dan segera memimpin – dengan Lotterer tepat di belakangnya. Akhirnya, kedua mobil balap Porsche 99X Electric melintasi garis finis hampir sepuluh detik di depan para pengejar terdekat mereka.

Komentar dari Mexico City E-Prix, Race 3

Michael Steiner, Member of the Executive Board, Research and Development, Porsche AG

“Dengan kemenangan ini, proyek Formula E Porsche telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Kami semua telah bekerja menuju momen bersejarah ini dan kami telah menginvestasi-kan banyak pekerjaan dan upaya. Setelah beberapa kali mendekati pencapaian baru di be-berapa waktu lalu, hari ini kami menuai hasilnya. Selamat untuk seluruh tim – di racetrack dan juga di Weissach.”

Thomas Laudenbach, Vice President Porsche Motorsport

“Kami sudah menunggu lama untuk hari ini. Fakta bahwa kami mencapai kesuksesan fenome-nal ini di babak ketiga musim baru membuatnya sangat berharga dengan memperhatikan gelar juara dunia. Selamat kepada Pascal Wehrlein, André Lotterer dan tim atas kemenangan besar mereka. Saya bangga dengan setiap anggota tim dan semua karyawan di Weissach. Semua orang bekerja keras untuk kemenangan ini dan mereka tidak pernah kehilangan kepercayaan pada proyek kami. Saya juga ingin berterima kasih kepada sponsor dan penggemar kami atas dukungan yang mereka berikan kepada kami sejak kami memasuki Formula E.”

Florian Modlinger, Director Factory Motorsport Formula E

“Ini adalah banner day bagi Porsche. Tim sekali lagi sangat fokus dan dalam hubungannya dengan para pembalap di racetrack, berhasil menerapkan pekerjaan persiapan yang sangat baik yang dilakukan di Weissach. Akhir pekan ini berjalan dengan sempurna – dari latihan bebas pertama dengan waktu tercepat André hingga performa Pascal yang mencatatkan pole di kualifikasi hingga pencapaian satu-dua yang luar biasa dalam balapan ini. Pembalap melakukan pekerjaan dengan sempurna dan memberikan kinerja yang kami harapkan dari mereka. Meski awalnya kehilangan posisi, tim tetap tenang. Pada fase penutupan, mereka dapat memanfaatkan keuntungan energi yang mereka peroleh untuk meningkatkan urutan lagi dan meraih hasil satu-dua ini dengan selisih besar. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Amiel Lindesay, yang melakukan semua pekerjaan persiapan dan mem-bangun tim sejak awal proyek Formula E.”

Pascal Wehrlein, Porsche works driver (#94)

“Saya hampir menang dua kali di Meksiko di masa lalu, jadi saya senang kali ini berhasil. Tim memiliki rencana yang bagus, meskipun pada awalnya saya tidak sepenuhnya yakin itu akan berhasil. Setelah musim terakhir, kami berada di bawah tekanan, tentu saja. Tapi kami tidak pernah kehilangan harapan, kami tahu kami memiliki paket yang bagus dan jika semuanya da-tang bersama dengan sempurna dalam satu akhir pekan, kami akan menang. Itu terjadi hari ini. Saya berharap kemenangan ini memberikan kepercayaan baru bagi tim. Jika kami dapat membawa momentum ini ke balapan berikutnya, maka mudah-mudahan segalanya akan sedi-kit lebih mudah bagi kami mulai sekarang.”

André Lotterer, Porsche works driver (#36)

“Ini adalah hasil yang bagus untuk tim. Setiap orang telah menginvestasikan banyak kerja keras. Musim lalu dengan pasang surutnya tidak mudah bagi kami, tetapi sekarang semuanya telah berhasil. Kedua mobil melaju dengan baik sejak sesi latihan pertama. Dengan hasil satu-dua ini, kami menunjukkan bahwa kami adalah penantang serius untuk gelar juara dunia.”

Next Up

 

Acara double header berikutnya untuk Tim Formula E TAG Heuer Porsche adalah pada tanggal 9 dan 10 April dengan Rome E-Prix, putaran ke-4 dan ke-5 dari kapal Juara Dunia Formula E ABB FIA.

Porsche in Formula E

 

Pada tahun 2021/2022, Tim Formula E Porsche TAG Heuer mengikuti musim Formula E keti-ganya dengan Porsche 99X Electric – dan meraih hasil satu-dua yang bersejarah di Meksiko pa-da 12 Februari 2022. Pada balapan debut pada November 2019, André Lotterer mencetak gol tempat kedua yang terpuji pada balapan pembuka musim di Diriyah – awal mimpi dan bukti bahwa dengan Porsche 99X Electric, Porsche memiliki kendaraan yang kompetitif sejak awal. Musim lalu, Pascal Wehrlein merebut pole position di Mexico City. Dua hasil podium diikuti dengan Wehrlein finis ketiga di Roma dan Lotterer mengamankan kedua di Valencia. Formula E adalah seri balap full-electric pertama di dunia dan, sebagai akselerator untuk teknologi mobili-tas yang inovatif dan berkelanjutan, Formula E telah menghadirkan motorsport yang mendebarkan bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar sejak 2014. Dengan Taycan all-electric, Porsche memasok safety car ini, menggarisbawahi pentingnya Formula E untuk Por-sche Motorsport.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?