Tips Menghadapi Lalu Lintas yang Agresif

Jalan yang semakin sesak seringkali menimbulkan keadaan lalu lintas yang kacau. Belajar untuk menghadapi situasi seperti ini dapat membantu Anda untuk menghindari insiden kecelakaan di jalan raya. Tak mudah memang, tapi beberapa tips berikut diharapkan mampu membantu Anda untuk belajar memahami kondisi lalu lintas ketika Anda mengemudi:

  • Hindari Pengemudi yang Agresif

Anda harus ingat bahwa Anda tidak bisa mengendalikan perilaku pengemudi lain, tapi Anda bisa mengendalikan diri Anda sendiri. Ketika pengemudi lain memotong jalan Anda, reaksi Anda akan menentukan apa yang terjadi selanjutnya. Jika Anda mampu untuk menghindar, mengambil nafas dalam, dan tetap tenang, maka Anda dapat meredakan situasi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

  • Pahami Gaya Mengemudi Anda

Analisa gaya mengemudi Anda. Jika Anda tergolong agresif di jalan raya, upayakan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Biasanya pengemudi yang agresif memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Mengemudikan kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan lain
  2. Kerapkali menggunakan klakson secara berlebihan
  3. Seringkali merubah jalur kendaraan secara tiba-tiba
  4. Menggunakan telepon ketika mengemudi
  5. Sering memancing emosi pengemudi lain

Jika Anda secara tidak sadar memiliki salah satu sifat mengemudi di atas, sebaiknya Anda segera merubah kebiasaan tersebut. Memang tidak mudah merubah kebiasaan mengemudi, tapi dengan melatih diri secara rutin dan mempelajari kebiasaan mengemudi secara aman, hal tersebut bisa dilakukan.

  • Medis Dasar Pada Jalanan yang Agresif

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health di Amerika Serikat menyatakan bahwa lalu lintas yang agresif didasari oleh salah satu faktor psikologis pengguna jalan. Kehilangan kesabaran bisa menyebabkan diri Anda maupun orang lain terluka.

Situasi yang tidak menentu tidak dapat diprediksi, dan salah satu cara yang paling efektif adalah untuk menghindari konfrontasi dengan pengguna jalan lain. Jika Anda cenderung untuk memprovokasi pengguna jalan lain, maka Anda harus segera merubah kebiasaan tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi kita pengguna jalan untuk selalu menjaga keterampilan mengemudi dengan aman dan menjaga diri dari perkembangan situasi berbahaya di jalanan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here