Fiat Gandeng Chrysler Perkuat Persaingan Global

Fiat diketahui sedang mencari dana sebesar USD10 miliar dari beberapa bank untuk membeli sisa saham Chrysler. Beberapa Bank tersebut ialah Goldman Sachs Group Inc., Deutsche Bank AG, Bank of America Corp dan BNP Paribas SA.

Usaha ini dilakukan untuk membeli 41,5 persen saham yang masih dimiliki United Auto Workers. Strategi ini diperintahkan langsung oleh CEO Fiat dan Chrysler, Sergio Marchionne, sebagai bagian dari strateginya untuk melawan pabrikan Volkswagen Group, Toyota, dan General Motors, seperti dilansir Detroitnews, Sabtu (1/6/2013) kemarin.

Pembicaraan telah terjadi dengan beberapa bank, namun perjanjian akhir belum ditanda tangani sampai saat ini. Jika saja terjadi maka Fiat ingin mengembalikan hutang kedua perusahaan dengan bunga yang lebih rendah.

Philippe Houchois, seorang analis automotif, mengatakan¬†“Telah terjadi diskusi dari rencana Fiat untuk membeli Chrysler, Marchionne semakin dekat menggabungkan kedua perusahaan tersebut dan menghadapi persaingan global,” terangnya.

Namun belum ada konfirmasi resmi dari Fiat. Kabar sementara Fiat mengatakan isu tersebut tidak ada dalam agenda sekarang ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?