Nih, Trik Membeli Mobil Dari Imporir Umum

Bagi anda mungkin pernah mendengar cerita orang, teman atau kolega, tentang pengalamannya membeli mobil CBU via iklan di media cetak atau sejenis yang menawarkan banderol miring atau dibawah harga normal. Singkat cerita, terjadi pemesanan atas kendaraan tersebut dan ternyata mobil yang dimaksud tidak kunjung datang, atau bahkan spesifikasi yang didapat tidak sesuai yang diharapkan. Pengalaman buruk tersebut bisa saja menimpa Anda, bila tidak tahu seluk beluk tentang membeli melalui Importir Umum (IU).

Terlintas mungkin dibenak Anda, jangan pernah membeli mobil via IU karena sudah banyak beredar kabar buruk. Jika itu yang ada dipikiran Anda, jawabnya salah besar. Gerai mobil IU buktinya saat ini masih tetap ada dan tumbuh di berbagai tempat. Di satu sisi melalui IU, konsumen dapat memesan kendaraan yang tidak dijual Agen Tunggal Pemegang Merek kendaraan. Misal, Showroom Resmi Toyota belum tentu menjual Toyota Velfire atau Crown Majesty. Nah, disini peran IU dalam mengambil pangsa pasar konsumen tertentu yang ingin tampil dengan mobil berbeda.

Well, bagaimana IU menawarkan harga jauh lebih terjangkau dari harga pasaran? Biasanya, mereka pedagang mobil impor memiliki ‘jalur khusus’, sehingga bisa mendapatkan harga yang kompetitif. Bahkan, bisa saja antara importer satu dengan yang lainnya memiliki banderol beda terhadap unit mobil yang sama. Untuk itu, cermati langkah berikut agar Anda tidak terjebak pada pengalaman buruk diatas.

Ini merupakan kontrak yang mengikat antara penjual dan pembeli. Pastikan semua yang dijanjikan pihak dealer tertulis dengan jelas dan terbaca. Cek masa garansi, periksa apakah semua hadiah atau yang diberikan ke Anda termasuk didalamnya. Seperti pengurusan pajak kendaraan atau kaca film dan lainnya.

Mengasuransikan kendaraan anda adalah salah satu factor penting, agar mencegah kerugian yang besar di kemudian hari. Pastikan pilihan asuransi yang ternama, tapi jika anda tidak mau repot biasanya pihak dealer IU akan menawarkan program dari rekanan asuransinya.

Tentukan jenis, tipe, warna dan merek mobiil yang diinginkan. Informasi teknis bisa diperoleh melalui majalah atau situs web, biasanya dengan memberikan kata kunci akan muncul di layar monitor kendaraan yang dicari tersebut.

Saat membeli mobil impor, disarankan untuk membeli secara paket, jadi Anda membayar lebih namun tidak perlu repot dalam semua pengurusan kelengkapan dokumen serta ketetapan yang berlaku di wilayah hukum setempat.

Jika dana tersedia belum mencukupi namun hasrat memiliki mobil idaman tidak mampu terbendung. Menjual kendaraan lama anda, bisa jadi alternatif untuk menambah budget. Tapi lebih baik jual terlebih dahulu, ketimbang tukar tambah (trade-in) via dealer. Karena, Anda bisa mendapatkan uang lebih. Baru kemudian dapat membeli unit baru.

Showroom mobil biasanya memiliki daftar harga tersembunyi (off the road), jadi konsumen hanya diberikan harga yang berlaku (on the road). Dan ini merupakan harga sebenarnya untuk unit mobil yang ingin Anda beli.

 

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here