Mobil Listrik Ini Diklaim Tercepat, Sejagat?

Mobil listrik saat ini dipercaya akan menjadi masa depan industri otomotif. Mobil listrik dipercaya bukan hanya untuk mobil sehari-hari saja. Untuk beberapa tahun kedepan mobil balap pun juga akan menggunakannya. Dan, Nissan pun menjawab dengan memperlihatkan mobil balap bertenaga listrik yang mereka klaim sebagai yang tercepat di dunia.

Nissan mengklaim bahwa inovasinya ini merupakan pengaplikasian untuk pertama kalinya teknologi baterai listrik dalam mobil balap ketahanan dan dengan demikian akan memberikan informasi penting bagi pembangunan mobil sport generasi berikutnya, serta perbaikan teknologi zero emission pada umumnya. Ini mengikuti beberapa tahun setelah peluncuran Nissan Leaf RC.

Mobil ini dipercaya mampu berlari hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam dan akan memulai debut balap di balapan ketahanan paling bergengsi di dunia, Le Mans 24 Hours.

ZEOD RC merupakan hasil pengembangan dengan mengambil masukan dari jagoan-jagoan di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat yang kemudian dirancang oleh Ben Bowlby yang merupakan direktur inovasi motorsport Nissan yang juga bekerja mengembangkan Nissan DeltaWing di 2012.

“Nissan merupakan pemimpin global di pengembangan teknologi otomotif non emisi dan Nissan ZEOD RC akan ikut membuktikan perkembangan yang kita dapat di balapan ketahanan sebagai pengetesan untuk rencana potensial kami di LM P1 powertrain,” jelas Executive Vice President Andy Palmer.

Dia pun menambahkan bahwa “Nissan ZEOD RC merupakan pengembangan alami dari mobil jalanan Nissan LEAF dan mobil balap purwa rupa LEAF RC. Teknologi yang dikembangkan pada program ZEOD RC akan menjadi bagian dari inovasi masa depan pada mobil-mobil jalanan Nissan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Palmer menjelaskan kalau ZEOD RC ini mengusung berbagai teknologi yang akan menjadi bagian masa depan Nissan. Mobil ini sepenuhnya memang berlari hanya dengan menggunakan tenaga listrik, tapi ada mesin konvensional yang digendongnya. Mesin tersebut dirancang untuk dapat digunakan sewaktu-waktu kapan pun si pengendara mau.

Untuk Nissan ZEOD RC desainnya berkonsentrasi bagaimana membuat paket dan efisiensi aerodinamika yang tidak hanya bisa menampilkan performa yang ekstrem tapi juga efisiensi energi tingkat tinggi. Itulah gol dari produsen mobil global ini.

Nissan ZEOD RC akan mulai dites resmi pada musim panas ini sebelum mengikuti balapan ketahanan paling bergengsi di dunia, Le Mans 24 Hours. Nissan menargetkan menang di 15 kategori dari 22 kategori yang mereka ikuti.

 

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here