Setelah Mercedes, Kini VW Rumahkan 900 Karyawannya

Akibat kurangnya permintaan serta minimnya pertumbuhan di Amerika Latin, Volkswagen terpaksa merumahkan sekitar 900 karyawan mereka di Brasil.

Inautonews melansir, 900 karyawan yang terpaksa dirumahkan VW berasal dari pabrik di Sao Bernardo do Campo daerah Sao Paulo, dan juga di Sao Jose dos Pinhais, pinggir selatan Brasil. PHK tersebut akan mulai berlaku 5 Mei 2014.

“Kami membuat kesepakatan kontrak dengan serikat pekerja untuk masalah penyesuaian dengan permintaan pasar di Amerika Latin,” ujar Volkswagen dalam sebuah pernyataan.

Brasil merupakan pasar keempat terbesar VW setelah China, Jerman dan Amerika Serikat. Per Maret 2014, sebanyak 240.800 unit kendaraan VW terjual. Angka itu turun sekitar 15% ketimbang bulan yang sama pada 2013.

Sementara itu, asosiasi produsen mobil di Brasil mengatakan, setidaknya dalam tiga bulan pertama 2014 mereka sudah memproduksi 789.900 mobil. Ini juga berarti turun sekitar delapan persen.

Meski harus melakukan PHK, namun sebelumnya VW telah berkomitmen untuk berinvestasi di Brasil senilai US$10 miliar hingga 2018.

Sebelumnya, Daimler Mercedes-Benz juga melakukan langkah serupa, yakni merumahkan sekitar dua ribu pekerja mereka di Sao Bernardo do Campo.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here