Mengenal Lebih Dekat Jeroan All New Honda City

All New Honda City generasi keempat resmi diluncurkan di Jakarta, baru–baru ini, Mobil yang pertama kali hadir di Indonesia pada 1996 ini  merupakan salah satu sedan legendaris dari Honda.

Sejak diluncurkan sampai dengan saat ini, Honda City telah mencapai penjualan 64.034 unit.

“Dari generasi ke generasi, Honda City selalu membawa terobosan dalam hal desain, fitur, dan teknologi di kelasnya. Kami percaya bahwa All New Honda City kini telah jauh melebihi apa yang diharapkan konsumen dari sebuah model di kelas mini sedan,” kata Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam sambutannya saat peluncuran All New Honda City di Jakarta.

Hadir dengan desain sporty dan dinamis, Honda City masih menjadi kendaraan perkotaan banyak konsumen di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Untuk generasi keempat ini, Honda telah melakukan berbagai penambahan fitur dan teknologi inovatif. Kira–kira apa saja perubahan yang terjadi pada sedan perkotaan besutan Honda ini? Berikut informasinya:

1. Ekterior

Bagian ekteriornya, All New City tampilan dengan desain baru, seperti pada Front Grille, Bumper yang dilengkapi Fog Lamp, serta Headlamp di bagian depan. Terdapat Shark Fin Antenna, LED Turning Signal, Exclusive Rear Chrome Garnish, Sporty Combi Lamp, serta Rear Reflector.

2. Interior

Desain yang benar-benar baru dengan tingkat kenyamanan dan kemewahan yang lebih tinggi hadir pada interior All New Honda City. Salah satunya dengan memiliki kabin cukup luas ditambah kapasitas  bagasi yang mencapai 486 liter (VDA).

Terdapat juga Armrest with Cup Holder, Rear AC Ventilation, fitur Rear Seat 60:40 Fold Down yang berfungsi untuk melipat kursi baris kedua dengan menarik Release Lever yang terdapat pada bagasi belakang.

Di bagian dashboard terdapat fitur One Push Ignition System, yaitu tombol yang memudahkan untuk menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hanya dengan sekali sentuh, dan dilengkapi oleh Stylish Meter Cluster dan Multi Information LCD Display sebagai panel infomasi mengenai jarak perjalanan, penggunaan rata-rata bahan bakar, serta jarak yang masih dapat ditempuh kendaraan dengan sisa bahan bakar di tangki.

Untuk kenyamanan selama perjalanan, mobil ini juga mempunyai sistem audio yang dilengkapi 6.1” touch screen monitor (FM/AM, DVD, CD, MP3/WMA, USB, Aux-Input, iPod & iPhone), dan pengaturan audio dapat dilakukan melalui Audio Steering Switch yang berada di roda kemudi.

3. Performa Mesin

Mengenai dapur pacunya, All New Honda City dibekali dengan mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi yang meningkat dengan tenaga maksimal 14.8 Kg.m pada 4.600 rpm.

Di bagian kemudi juga dilengkapi Cruise Control dan Paddle Shift yang memungkinkan perpindahan transmisi melalui tuas yang terdapat pada roda kemudi.

Transmisi CVT pada All New Honda City didukung dengan teknologi Drive by Wire yang berfungsi mengatur buka tutup Throttle Valve untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar.

Fitur Grade Logic Control dan Shift Hold Control berfungsi mengatur kerja transmisi agar lebih optimal saat melewati tanjakan maupun tikungan sehingga bahan bakar lebih efisien.

Untuk semakin mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, terdapat fitur ECON Mode. ECON Button merupakan tombol untuk mengaktifkan mode pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen (tergantung kondisi jalan dan cara berkendara).

Sementara ECO AssistTM memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, yang hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

All New Honda City juga lebih ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang bersih dan telah memenuhi standar EURO-4, serta penggunaan komponen yang lebih ramah lingkungan.

4. Teknologi Safety

Berbicara soal keamanan, All New Honda City menanamkan struktur rangka bodi dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + ACETM, dan Dual Front SRS Airbag. Khusus tipe ES terdapat fitur keamanan i- Side Airbags system dan Side Curtain Airbags.

Mempunyai Pretensioner Seatbelt With Load Limiter yang berfungsi menjaga tubuh tetap pada posisi serta mencegah tekanan berlebihan pada dada saat terjadi pengereman mendadak. ISOFIX dan Tether juga tersedia untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris belakang.

Untuk fitur keselamatan terdapat Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), serta Emergency Stop Signal (ESS) yang berfungsi secara otomatis menghidupkan lampu hazard ketika terjadi pengereman.

Terdapat fitur baru yaitu Brake Override System merupakan teknologi pengereman pintar yang mendeteksi saat pedal gas dan pedal rem terinjak bersamaan dan secara otomatis memprioritaskan pada fungsi pengereman sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan.

Sementara itu, All New Honda City juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki pada saat terjadi tabrakan. Fitur keamanan mobil ini meliputiSecurity Alarm, Immobilizer, dan Smart Key.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?