Pabrikan Asal Jepang Kerjasama Ciptakan Mesin Baru

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Pengumuman mengejutkan baru beredar. Para produsen mobil asal Jepang bekerjasama menciptakan mesin lebih hemat bahan bakar. Kerjasama ini melibatkan Toyota, Honda, Mazda, Nissan, Subaru, Mitsubishi, Suzuki, dan Daihatsu.

Automotivenews melansir, kelak kerjasama itu untuk inovasi baru mesin bensin dan diesel. Mesin bensin berfokus pada pencapaian siklus pembakaran lebih sempurna dan pengapian lebih baik. Untuk diesel  fokusnya menghilangkan emisi partikel dan oksida nitrogen, sebagian melaluiparticulate filter dan exhaust system resirkulasi gas.

Para insinyur menargetkan hasilnya dapat menghemat bahan bakar hingga 30%. Asosiasi penelitian dan perakitan mesin di Jepang menyatakan proyek kerjasama ini menelan dana hingga USS4 20 juta. Dana ini berasal dari para produsen mobil dan pemerintah Jepang yang juga berkomitmen untuk hal tersebut.

Para produsen mobil ini bekerjasama dan berbagi penelitian untuk urusan mesin guna memotong biaya pengembangan. Hasilnya penelitian ini berguna untuk kendaraan baru.

Rencananya, para produsen tersebut akan menerapkan hasilnya pada 2020. Tujuan kerjasama ini meningkatkan termal pada mesin hingga pembakarannya hanya 50%. Saat ini termal dalam mesin gas berada pada 39%, sementara diesel 42%.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here