Ekspor Otomotif Nasional Bisa Capai US$4,87 Miliar

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sektor otomotif nasional yang tengah menggeliat sepertinya akan terus menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, sektor ini telah menjadi salah satu penggerak utama ekspor dan perekonomian Indonesia.

“Industri otomotif perlu terus dikembangkan karena tidak hanya penting bagi kinerja ekspor dan pertumbuhan ekonomi, namun juga dalam penyerapan tenaga kerja, serta peningkatan daya saing produk otomotif Indonesia,” kata Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Pedagangan, Ari Satria, di Jakarta, Jumat (6/6).

Ari memaparkan, hingga akhir tahun diperkirakan ekspor produk otomotif nasional tumbuh 10% menjadi US$4,87 miliar, dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar US$4,43 miliar.

“Nilai ekspor produk otomotif Indonesia pada 2014 hingga 2015 awalnya ditargetkan meningkat 3,5 sampai dengan 4,5 persen menjadi US$4,54,6 miliar. Namun realisasi pertumbuhannya kemungkinan bisa mencapai 10% menjadi US$4,8 miliar,” paparnya.

Ekspor produk otomotif Indonesia, ungkap Ari, selalu mencapai pertumbuhan double digit tiap tahun. Pada periode 2009 hingga 2013, ekspor produk itu mengalami pertumbuhan positif sebesar 28,35% per tahun.

“Beberapa negara yang menjadi target peningkatan ekspor produk otomotif adalah Thailand, Arab Saudi, Filipina, Jepang, dan Malaysia,” ujarnya.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here