Tips Aman Penggunaan Child Car Seat

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Para orang tua pasti mengupayakan agar bayi mereka tetap aman selama perjalanan dengan mobil, meski tak jarang mereka justru kesulitan mendapatkan cara terbaik melindungi buah hati mereka di dalam kendaraan.

Namun kebanyakan para orangtua di Indonesia tidak menggunakan car safety seat ketika mengajak bayi mereka berkendara, melainkan hanya mengandalkan baby sitter untuk memangku atau menggendong selama perjalanan. Sedangkan mereka yang sudah menggunakan child car seat,tak jarang salah atau bingung dalam pemasangan di kursi kendaraan. Bila hal itu terjadi, ini justru akan membahayakan keselamatan sang buah hati.

Berikut beberapa tips aman mengenai penggunaan dan pemasangan child car seat di dalam mobil. Menurut Parents Central, laman yang dikelola oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), ada tiga poin yang perlu diingat mengenai keamanan child car seat:

1. Pemilihan car seat

Pilih car seat yang sesuai usia maupun ukuran tubuh bayi. Setelah itu pasang di kursi belakang mobil dan tempatkan buah hati Anda di kursi kecil itu  selama perjalanan.

2. Pemasangan yang benar

Jangan pernah menebak-nebak dalam memasang child car seat. Perhatikan instruksi pabrikan car seat mengenai cara pemasangan yang benar. Baca buku petunjuk pada mobil Anda mengenai cara memasang child car seat dengan menggunakan seat belt atau LATCH system. Juga periksa batas tinggi dan bobot car seat guna memastikan bayi Anda masih dalam batas tersebut untuk pemakaian yang aman.

3. Selalu gunakan child car seat selama perjalanan

Maksimalkan keselamatan putra putri Anda dengan selalu menggunakan car seat sepanjang perjalanan, kecuali untuk memberikan ASI. Selain itu, para pakar keselamatan berkendara mengatakan para orangtua harus menempatkan anak-anak di kursi belakang kendaraan setidaknya hingga usia 12 tahun.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here