Saham Tesla Melonjak ke Level Tertinggi

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – Saham Tesla Motors Inc. melambung ke level tertinggi seiring dengan kabar mengenai potensi kolaborasi dengan Nissan Motor Co. Ltd. dan BMW AG untuk memperluas jaringan stasiun pengisian baterai kendaraan listrik.

Pada perdagangan Senin (16/6), saham Tesla menguat 8,8 persen menjadi USD 224,61, yang merupakan level penutupan tertinggi sejak 3 April dan sekaligus sebagai persentase penguatan terbesar sejak akhir Februari.

Penguatan saham Tesla ini juga ditopang oleh berita bahwa produsen mobil listrik ini akan membagi patent teknologi mobil listrik. Padahal, pekan lalu saham Tesla sempat melorot cukup signifikan. Dengan kenaikan ini, maka secara bulanan saham Tesla menanjak hampir 8 persen hingga Juni ini.

Financial Times pekan lalu melaporkan bahwa Nissan dan BMW ingin menjalin pembicaraan dengan Tesla terkait jaringan supercharger dan potensi penciptaan standar pengisian baterai mobil listrik.

Nissan, yang memproduksi mobil listrik Leaf, merupakan produsen mobil listrik terbesar dunia untuk saat ini. Sedangkan BMW baru saja meluncurkan mobil listrik mewah dan kendaraan hybrid, yang diestimasi analis dapat ‘mencuri’ basis konsumen Tesla.

Tesla medio pekan lalu mengatakan tengah membuka patent miliknya kepada pihak manapun yang ingin menggunakannya. Setelah kabar tersebut, saham Tesla melemah dan mengakhiri perdagangan sepekan lalu dengan penurunan 0,8 persen.

Dalam tiga bulan terakhir, saham Tesla melorot 2,6 persen dan melompat 124% selama 12 bulan terakhir.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here