Penjualan Mobil Diramal Jadi 23,8 Juta Unit

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Penjualan mobil diprediksi melamban, seiring perekonomian di China yang menunjukkan sedikit tanda-tanda peningkatan.

Penjualan mobil secara total kemungkinan akan meningkat 8 persen menjadi 23,8 juta unit, dibandingkan prediksi sebelumnya tumbuh 10%, tulis China Association of Automobile Manufacturers dalam rilisnya, Senin (15/7).

Tahun lalu, penjualan mobil naik 14%, yang membuat China menjadi negara pertama yang mampu mencatat penjualan lebih dari 20 juta unit kendaraan dalam setahun.

Permintaan untuk kendaraan niaga merosot selama semester pertama tahun ini, setelah analis memperkirakan perekonomian terbesar di dunia ini akan mengalami pertumbuhan terlambat sejak 1990.

Terlebih sejumlah pemerintahan daerah tengah mempertimbangkan untuk membatasi jumlah kendaraan baru, demi memangkas kadar emisi. Kebijakan ini diyakini makin menurunkan penjualan kendaraan.

Pada paruh pertama 2014, penjualan mobil penumpang menanjak 11% menjadi 9,6 juta unit, berkat tingginya permintaan MPV dan SUV. Sedangkan permintaan kendaraan niaga turun 3% menjadi 2,04 juta unit pada periode tersebut.

Adapun produk domestik bruto China tumbuh 7,4% pada semester pertama 2014, yang merupakan pertumbuhan terlambat sejak 2012 dan turun dari angka 7,7% pada tiga bulan sebelumnya. Tahun ini, PDB China diprediksi tumbuh 7,4%.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here