VW Kembali Asapi GM di China

RAJAMOBIL.COM, Wolsburg – Volkswagen AG membukukan kenaikan penjualan di China lebih dari 15% year-on-year pada Juni menjadi 300.000 unit.

Dengan pencapaian itu, berarti pabrikan mobil Jerman ini kembali memimpin dalam penguasaan pangsa pasar, mengungguli raksasa otomotif AS, General Motors.

Data pemerintah China menyebutkan selama Juni, penjualan kendaraan ringan tumbuh 12% dan meningkat 11% pada enam bulan pertama 2014.

Selama Juni, penjualan brand Volkswagen meningkat 21%, sedangkan Audi melaporkan kenaikan penjualan 14%. Pada periode itu, baik Skoda maupun Porsche sama-sama mencatat kenaikan penjualan 11%.

Sejak Januari hingga Juni 2014, berbagai merek di bawah payung Volkswagen terjual sebanyak 1,8 juta unit di China, naik sekitar 18% dibandingkan periode yang sama 2013.

Pada Juni, Volkswagen berhasil melampaui pencapaian GM, yang melaporkan penjualan total sebanyak 1,7 juta unit. Padahal hingga Mei 2014, GM masih memimpin penjualan dari VW Group.

Untuk menjaga keunggulan dari GM, Volkswagen mengumumkan rencana untuk berinvestasi 2 miliar euro (16,8 miliar yuan) untuk membangun dua pabrik baru di Negeri Tirai Bambu, yakni di kota Qingdao dan Tianjin. Saat ini, kelompok bisnis otomotif ini mengoperasikan sembilan pabrik, dan satu pabrik masih dalam tahap pembangunan di China.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here