Tips Ringan Beli Mobil Bekas

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setiap musim mudik Lebaran adalah nasib baik para penjual mobil bekas. Tapi bagi Anda yang ingin membesut mobil seken ini wajib teliti sebelum membeli.

Membeli mobil bekas memang seperti membeli kucing dalam karung, apalagi bila Anda awam dengan mobil. Bila Anda tak ingin menemui masalah dengan mobil ‘baru’ Anda, coba simak beberapa cara mudah untuk memilih mobil seken berikut ini.

Pertama-tama, bikin riset tipe mobil apa yang Anda inginkan dan pastikan mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda.
Setelah itu, barulah mulai siap bertransaksi. Jika Anda berminat membeli dari perorangan. Anda dapat bertanya sebanyak yang Anda suka, tapi ada beberapa pertanyaan yang wajib Anda ajukan, yaitu:

• Berapa lama memiliki mobil ini?
• Sudah tangan ke berapa mobil ini?
• Apakah mobil ini benar-benar milik si penjual?
• Mengapa mobil akan dijual?
• Berapa jauh jarak tempuhnya?
• Apakah mobil ini punya riwayat servis (buku servis dan buku manual)?
• Apakah mobi ini pernah tabrakan atau lebih sering parkir di garasi?

Jika Anda sudah mendapat jawabannya, Anda akan lebih mudah menerka seperti apa kondisi mobil yang Anda minati. Contohnya, mobil dengan jarak tempuh yang sudah sangat jauh dengan banyak pemilik, artinya mobil ini memiliki riwayat hidup yang berat. Berbeda dengan mobil dengan jarak tempuh sedikit, meski usianya sudah 10 tahun, tapi kodisinya bisa saja masih bagus karena pemiliknya rajin merawatnya.

Juga penting untuk diperhatikan, bahwa jangan pernah melihat kondisi mobil saat hujan.Hal ini karena pada saat terkena hujan, bodi mobil yang cacat tidak terlihat dengan jelas. Dan jangan lupa untuk mengajak teman yang paham mobil untuk menemani Anda mengecek mobil yang diinginkan.

Periksa juga buku servis bila mobil memiliki riwayat servis yang jelas. Dengan mengetahui jejak rekam mobil, akan memudahkan bila suatu saat terjadi masalah. Selamat mencoba!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here