Ini Dia Mobil Paling Aman di Dunia

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mercedes-Benz tak hanya piawai menciptakan mobil mewah dengan kenyamanan tingkat tinggi, tapi pabrikan mobil Jerman ini juga memiliki model kendaraan yang teraman di dunia. Seperti apa wujudnya?

Kalau melihat penampilannya, mobil jenis sedan ini seperti sedan mewah varian tertinggi Mercedes lainnya, yakni S600. Tapi untuk yang satu ini diberi embel-embel emblem Guard. Terntunya bukan cuma emblem semata, Guard di sini juga memiliki makna melindungi penumpangnya dalam arti yang sesungguhnya.

Sesuai namanya, S600 Guard ini diciptakan dengan menggunakan teknologi terkini. Dengan menggunakan basis S600 standar, Guard menjelma sebagai sedan limusin mewah dengan tingkat keamanan tertinggi di dunia.

Guard adalah mobil pertama di dunia yang memiliki sertifikasi perlindungan balistik tertinggi, yang disebut VR9. Jika sudah begitu, para penumpangnya tak perlu takut lagi menghadapi kemungkinan serangan bersenjata, karena sekujur bodinya berlapis baja anti peluru layaknya tank tempur.

Sebagian besar area kabin penumpang dilindungi plat baja setebal 50 millimeter. Plat baja tersebut kemudian dilapisi lagi dengan elemen aramide dan polyethylene untuk melindungi penumpangnya dari kobaran api dan serpihan peluru atau granat. Sementara kacanya dilapisi polycarbonate di sisi dalamnya.

Untuk dapur pacunya, menurut laporan autoevolution, masih mengandalkan mesin V12 yang dilengkapi dua turbocharger. Mesin ini mampu membangkitkan tenaga 530 tenaga kuda dan torsi 800 NM. Untuk bannya menggunakan ban jenis run-flat merek Michelin, yang mampu melaju hingga kecepatan 30 km dalam kondisi rusak sekalipun.

Karena bobot mobil ini sangat berat, maka ban memiliki tugas yang teramat berat. Demikian juga dengan sistem pengeremannya akan memiliki tugas teramat berat untuk menghentikan laju sedan bongsor ini. Itulah mengapa Mercedes menerapkan sistem yang akan secara otomatis membatasi kecepatan kendaraan hanya sampai 210 km per jam.

Meski belum ada daftar harga resmi, tapi kemungkinan S600 Guard akan dibanderol sekitar 350.000 euro, tergantung spesifikasinya. Seluruh model akan dibuat dengan tangan oleh para ahli di pabrik di Sindelfingen, dekat Stuttgart, Jerman, yaitu pabrik yang sama yang menciptakan versi anti peluru dari E-Class, M-Class dan G-Class.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here