Satu Lagi Terobosan India Tingkatkan Keselamatan Pengendara

RAJAMOBIL.COM, Nerw Delhi – India kian gencar meluncurkan kebijakan melindungi keselamatan pengendara kendaraan bermotor. Dan baru saja India meluncurkan lagi kebijakan baru.

Setelah menerapkan pembatasan kecepatan kendaraan bermotor di sejumlah kota, pemerintah India saat ini tengah menyiapkan kebijakan yang mewajibkan seluruh pabrikan mobil melengkapi produk mereka dengan kantung udara atau airbag.

Sebelumnya, India juga mewajibkan penggunaan teknologi pengereman ABS mulai 2017. Dan kewajiban penggunaan kantung udara pada mobil juga akan mulai diberlakukan pada 2017, seperti dilansir PTI.

Namun semua kebijakan itu dinilai belum cukup untuk menekan angka kecelakaan dan menurunkan jumlah korban. Untuk itu, pemerintah Negeri Hindustan ini juga akan mewajibkan semua pabrikan melakukan uji tabrak terhadap produk mereka sebelum dipasarkan. Itu artinya, kendaraan model lawas yang tak memenuhi kriteria keselamatan akan dilarang beroperasi.

Kebijakan anyar ini akan meniru apa yang telah dilakukan di AS dan Eropa, yakni New Car Assessment Programme (NCAP). Agar bisa dipasarkan, mobil-mobil baru harus lolos melalui standar keselamatan minimum. Peringkat atau penilaian bintang 1-5 juga akan diberikan untuk kendaraan yang dipasarkan di India, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi setempat

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here