Mobil Listrik Picu Masalah di Norwegia

RAJAMOBIL.COM, Oslo – Banyak negara yang memberikan kemudahan bagi mobil listrik, mulai dari insentif pajak hingga bebas tarif parkir. Itu semua demi mengurangi polusi dan menghemat minyak fosil.

Tapi segala kemudahan itu jika berlebihan atau tak terencana dengan baik justru akan menimbulkan masalah baru. Kondisi ini terjadi di Norwegia, yang juga menawarkan banyak kemudahan bagi pemilik mobil listrik. Bahkan mobil listrik boleh melaju di jalur bus, seperti jalur busway di Jakarta.

Membeli mobil listrik di Norwegia menjadi keuntungan yang luar biasa. Bayangkan, selain mendapat insentif berbagai pajak, mobil tanpa BBM ini tak perlu membayar parkir, bebas menggunakan stasiun pengisian baterai di seantero negeri dan bebas melaju di jalur bus.

Dampaknya, kini tercatat lebih dari 32.000 mobil listrik beroperasi di sejumlah kota di Norwegia. Kedengarannya bagus dari perspektif lingkungan, tapi tidak bagi pengemudi bus dan pengguna angkutan publik.

Kini para pengemudi bus mengeluhkan banyaknya mobil listrik yang menghambat laju mereka. Akibatnya, waktu tempuh makin lama dan para penumpang banyak yang telat menuju ke tempat kerja.

Autoevolution.com menyebutkan, belum ada langkah apapun dari pemerintah soal ini, tapi sepertinya otoritas setempat akan segera melarang mobil listrik memasuki jalur bus. Karena kalau tidak, ini dapat memicu para komuter untuk kembali menggunakan mobil mereka. Dan kalau ini terjadi, tentu cita-cita untuk mengurangi polusi menjadi kandas.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here