Mobil Listrik BMW Mulai Ancam Tesla

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – BMW tak hanya berjaya di segmen mobil konvensional, tapi kendaraan listrik mereka juga terus menunjukkan geliat.

Pada Agustus 2014, BMW AG mencatat kenaikan penjualan mobil listriknya, yang bahkan melampaui penjualan mobil listrik milik Tesla Motors, Model S.

Sejumlah analis, seperti dikutip Bloomberg, menyebutkan sukses model i3, yang dijual sekitar US$41.000 di AS, dapat menekan penjualan Tesla dan meredakan antusiasme masyarakat terhadap Model 3, mobil produksi massal Tesla yang akan meluncur dua atau tiga tahun mendatang. Model 3 kabarnya akan dibanderol sekitar US$35.000.

BMW mencatat angka penjualan 1.025 unit i3 selama Agustus, naik dari sekitar 400 unit pada tiga bulan sebelumnya. Mobil listrik mungil ini dipasarkan di AS pada Mei 2014.

Sedangkan penjualan Tesla Model S pada Agustus diprediksi mencapai sekitar 1.000 unit, menurut laman CleanTecnica, dan 1.600 unit berdasarkan catatan Autodata Corp, atau merosot 18% year-on-year. Tesla sejauh ini tidak merilis data penjualan bulanan.

Tesla diharapkan meluncurkan model listrik terbarunya yang masuk segmen crossover, yakni Model X, tahun depan.

Sementara BMW memiliki satu model andalan untuk kendaraan listrik yang lebih mewah dan sporty,yaitu i8, dan analis menyebut kendaraan listrik plug-in BMW ini bakal menjadi ancaman bagi Tesla dan pabrikan lain.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here