Mobil Otonom Tesla 10 Kali Lebih Aman, Benarkah?

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – Mungkin banyak kalangan yang menantikan kehadiran mobil-mobil semi otonom Tesla pada 2017 mendatang. Pasalnya, Tesla selama ini dikenal memiliki konsep yang jelas dan inovatif.

Pasti tak sedikit konsumen yang penasaran akan seperti apa mobil listrik semi otonom dari Tesla. Kalau untuk mobil listrik mewah dan sporty, Tesla telah membuktikannya. Hal itu terlihat dari kian meluasnya area pemasaran Tesla dan kian menumpuknya jumlah pemesanan yang dikantongi pabrikan pimpinan Elon Musk ini.

Nah, yang dinantikan sekarang adalah inovasi seperti apa yang akan diterapkan pada mobil otonom Tesla, yang sempat diklaim Musk jauh lebih aman dari mobil yang dikendalikan oleh pengemudi.

Beberapa waktu lalu, Musk mengatakan kepada The Wall Street Journal, bahwa dalam enam tahun ke depan, Tesla akan menciptakan mobil otonom yang memiliki tingkat keamanan 10 kali lipat ketimbang mobil dengan pengemudi.

Menurut Musk, kendala terbesar dari mobil otonom adalah “machine vision”, atau dalam hal ini adalah sensor-sensornya yang dapat mengidentifikasi obyek sehingga dapat mengarahkan mobil untuk menghindarinya.

Sejumlah analis yakin program enam tahun yang dicanangkan Musk untuk menciptakan mobil otonom penuh merupakan ambisi yang dapat dipertanggung jawabkan. Buktinya, ketika sebuah pabrikan mobil raksasa seperti General Motors berencana meluncurkan sistem autopilot, yaitu bukan mobil otonom penuh, pada 2020, Tesla justru sudah akan memperkenalkan teknologi itu pada akhir 2016 atau paling lambat awal 2017.

Apakah Anda termasuk orang yang yakin ambisi Musk bakal terwujud atau hanya angan-angan belaka?

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here