Toyota Ingin Boyong Lexus ke India

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Melihat sukses penjualan mobil mewah di India membuat Toyota Kirloskar Motors Limited (TKML) mempertimbangkan untuk memboyong Lexus ke pasar negeri Bollywood itu.

Namun Toyota tidak akan membawa Lexus dalam bentuk utuh (CBU) karena tingginya bea masuk. Maka strategi yang akan diambil TKML adalah dengan mengimpor produk terurai (CKD).

Menurut laporan The Economic Times, dalam upaya memasukkan model-model Lexus ke India, TKML juga tengah menyiapkan cara untuk mengedukasi masyarakat setempat yang gandrung dengan mobil bermesin diesel karena dinilai lebih irit. Sementara Lexus atau Toyota di pasar internasional lebih mengedepankan varian bermesin ganda alias hybrid.

TKML tak hanya memberikan pemahaman terhadap masyarakat India bahwa kendaraan bermesin hybrid sama iritnya dengan mesin diesel, dan bahkan emisi gas buangnya lebih rendah hybrid ketimbang mesin diesel.

Selain itu, TKML juga akan memanfaatkan program National Electric Mobility Mission Plan (NEMMP) 2020, yang akan memberikan insentif berupa pengurangan bea masuk bagi kendaraan listrik dan hybrid. Dengan begitu, produk Lexus varian hybrid bakal lebih kompetitif jika mengacu pada NEMMP 2020.

Jadi sekarang tinggal menunggu kapan Lexus benar-benar berani ‘bermain’ di pasar India.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here