Toyota Raih Gelar Eksportir Otomotif Terbaik

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali meraih penghargaan tertinggi dibidang ekspor, yaitu Primaniyarta Award dari Kementerian Perdagangan.Toyota mendapat penghargaan sebagai eksportir terbaik.

Toyota dianggap sebagai eksportir otomotif terbesar dengan kontribusi hingga 70%. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi kepada Presiden Komisaris TMMIN, Hiroyuki Fukui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/10).

Penghargaan ini merupakan penghargaan Primaniyarta yang kelima bagi TMMIN. Kami berharap semoga TMMIN dapat semakin meningkatkan kinerja ekspor di masa mendatang,” kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami.

TMMIN tercatat sebagai satu-satunya produsen kendaraan yang pernah mendapat penghargaan Primaniyarta. Tercatat TMMIN diganjar penghargaan serupa pada 2008, 2010, 2011, dan 2013.

Tahun lalu, TMMIN mengekspor mobil dalam bentuk utuh atau Complete Build-up Unit (CBU) sebesar 118.438 unit. Tahun ini, hingga Agustus  ekspor CBU sudah mencapai 97.111 unit atau naik 24,5% dibandingkan periode yang sama pada 2013. Ekspor tersebut terdiri dari Toyota Fortuner, Innova,Vios, Yaris, Rush, Avanza, Town/Lite Ace, dan Agya. 

“Kami berharap, sampai akhir tahun ekspor CBU bisa tumbuh sampai 30% dibandingkan tahun lalu,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono. Berkat pencapaian tersebut, TMMIN kini menjadi penyumbang ekspor otomotif terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data Gaikindo, total ekspor CBU mencapai 127.115 unit, sebanyak 97.111 unit atau 76,3% diantaranya berasal dari ekspor mobil bermerek Toyota. Dari sisi nilai, ekspor Toyota telah mencapai lebih dari US$12 miliar sejak pengapalan perdana. Tahun 2013. Toyota mencatatkan nilai ekspor sebesar lebih dari US$2,1 miliar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here