Tes Konsumsi BBM di AS Bakal Diperketat

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Dengan maraknya keluhan konsumen mengenai klaim konsumsi BBM yang tak sesuai kenyataan, membuat Environmental Protection Agency (EPA) untuk memperketat tes efisiensi kendaraan.

EPA akan meningkatkan pengawasan dan audit terhadap hasil pengujian efisiensi BBM oleh pabrikan otomotif. Langkah ini diambil agar hasil tes lebih baik atau setidaknya sama dengan kondisi riil.

Menurut EPA, seperti dilansir Autonews, pihaknya akan fokus pada serangkaian tes yang dilakukan pabrikan menyusul beragam keluhan dari konsumen terhadap sejumlah merek, seperti Hyundai, Kia, Ford, dan Mercedes-Benz.

Pasalnya, saat kendaraan sudah berada di tangan konsumen dan beroperasi sehari-hari, konsumsi bahan bakarnya tak sesuai spesifikasi yang diklaim pabrikan.

Pada akhir 2014, EPA akan menerbitkan panduan terbaru bagi pabrikan mengenai tata cara pengujian efisiensi BBM.

EPA juga akan mempercepat audit terhadap hasil tes yang dilakukan pabrikan. Dari situ kemudian dapat mewajibkan pabrikan melakukan verifikasi hasil tes pra produksi dengan kendaraan yang sudah dipasarkan.

Selain itu, EPA juga akan merevisi ketentuan yang membolehkan pabrikan mencantumkan hasil tes pada satu model kendaraan untuk model lain yang memiliki kapasitas mesin sama.

Aleya Auginza
Autoguide

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here