Uji Tabrak IIHS, Honda Odyssey Oke, Toyota Sienna Cukup

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Jika Nissan Quest dan Chrysler Town & Country mendapat skor buruk dalam uji tabrak Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), penilaian lumayan diterima Toyota Sienna dan bagus untuk Honda Odyssey.

Dalam lamannya, IIHS menyebutkan bahwa penilaian cukup dalam uji tabrak yang dijalani Toyota Sienna didasarkan pada struktur bodi depan kendaraan yang tidak menyebabkan cedera serius pada pengemudi.

Sedangkan struktur bodi depan Honda Odyssey dinilai bagus dalam melindungi badan dan kaki pengemudi saat kendaraan melaju sekitar 64 km/jam dan dibenturkan ke sebuah penghalang pada sekitar 25 persen bagian depan di sisi pengemudi.

Untuk hasil pengujian Toyota Sienna yang mendapat penilaian cukup, diketahui bahwa bagian atas pintu di pilar A dan panel instrumen merangsek masuk sekitar lima inci sehingga membuat posisiairbag tak tepat melindungi kepala pengemudi, dan seatbelt tidak berhasil menahan badan pengemudi yang bergeser jauh ke depan.

Namun sisi positifnya, side curtain airbag cukup berperan dalam melindungi kepala pengemudi dari benturan struktur bodi yang merangsek ke kabin.

Secara keseluruhan, Sienna mendapatkan penilaian Top Safety Pick Plus dari IIHS berkat performa apiknya dalam semua kategori uji tabrak lainnya.

Sementara Kia baru akan mengirimkan paket minivan Sedona untuk menjalani uji tabrak IIHS dalam beberapa pekan ke depan setelah model ini mendapatkan beberapa peningkatan struktur bodinya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here