Toyota Punya Teknologi Lampu Terbaru, Mau Tahu?

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Lampu menjadi peranti terpenting bagi kendaraan karena hampir 70 persen kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki terjadi pada malam hari.

Banyak pabrikan mobil yang memperkenalkan teknologi baru pada lampu utama produk mereka, dan Toyota menjadi pabrikan terbaru yang akan segera merilis teknologi pencahayaan ke pasar dengan sejumlah fitur spesial.

Mulai 2015, beberapa model Toyota akan menggunakan teknologi bernama LED Array Adaptive High Beam System (LED Array AHS). Teknologi pencahayaan ini menawarkan cakupan penerangan lebih luas ketimbang sistem lawas tanpa harus menganggu pandangan pengemudi lain dari arah berlawanan.

Bagaimana cara kerjanya?

Toyota melalui laman resminya menjelaskan teknologi lampu terbaru ini menggunakan multi LED yang dikendalikan secara independen dan berjajar dalam garis horizontal tunggal untuk memberikan pencahayaan yang lebih luas.

LED Array AHS bekerja bersamaan dengan kamera dan setiap LED dapat diredupkan atau ditambah tingkat penerangannya untuk ‘mengintip’ celah yang tak terlihat jelas di depan.

Bahkan LED Array AHS mampu menerangi celah di antara mobil yang akan disalip dengan mobil dari arah depan. Ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah ada rintangan di ruang sempit itu tanpa harus mengganggu pandangan pengemudi dari arah berlawanan.

Selain itu, teknologi anyar ini juga dapat menerangi area lebih luas dengan dua kondisi berbeda. Misalnya, pada saat melintasi area perkotaan, lampu akan memberikan cakupan penerangan luas agar dapat mengantisipasi bila ada pejalan kaki di pinggir jalan atau di trotoar. Pada saat yang sama mobil juga siap melintasi kawasan padat itu menuju jalan bebas hambatan yang butuh kecepatan tinggi.

Dengan LED Array AHS, lampu dapat menerangi area yang padat sekaligus dapat memantau area yang lebih jauh yang akan segera dilintasi. Dengan teknologi pencahayaan canggih ini diharapkan angka kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki dapat ditekan.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here