Aston Martin Uji Teknologi Tenaga Surya

RAJAMOBIL.COM, Sao Paulo – Perkembangan teknologi otomotif seperti tak berujung. Setelah teknologi hybrid, listrik, dan bahkan fuel-cell hydrogen, kini muncul teknologi baru lagi. Teknologi yang kini tengah sibuk diujicoba adalah teknologi tenaga surya sebagai penggerak beragam sistem pendukung.

Adalah Aston Martin bersama Hanergy Thin Film Power yang kini tengah menguji teknologi tenaga surya di ajang FIA World Endurance Championship Six Hours of Sao Paulo. Uji coba dilakukan selama sesi latihan bebas satu jam menjelang gelaran balap ketahanan enam jam di Sao Paulo, Brasil.

Mobil yang digunakan adalah Aston Martin V8 Vantage GTE, yang menggunakan energi matahari untuk menggerakkan sejumlah sistem di kendaraan.

“Gagasan di balik teknologi tenaga surya adalah untuk membantu mengembangkan dan mendemonstrasikan potensi panel fotovoltaik film buatan Hanergy untuk aplikasi mobil massal dan mobil balap,” kata Direktur Teknik Aston Martin Racing Dan Sayers, seperti dilansir Telegraph.

Menurut Sayers, tenaga listrik yang dihasilkan oleh sel surya kemudian digunakan untuk menggerakkan berbagai sistem, seperti sistem pengatur udara, yang selama ini konsumsi listriknya diambil dari mesin. Lapisan film panel surya yang disematkan pada bagian atap Aston Martin V8 Vantage GTE itu dirancang dan diproduksi oleh Hanergy Thin Film Power.

Dari hasil uji coba itu, tim Aston Martin dan Hanergy akan mengumpulkan data untuk dikaji dan diuji lagi dalam beberapa bulan ke depan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here