Beda Nasib Toyota dan Honda di China

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Toyota Motor Corp. makin menunjukkan geliatnya di pasar China setelah membukukan peningkatan penjualan dalam beberapa bulan terakhir.

Melalui dua mitra usahanya di China, Toyota menjual 92.300 unit kendaraan pada November, atau naik tiga persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir, seperti dilansirBloomberg, pertumbuhan penjualan Toyota sudah melampaui pencapaian industri otomotif di Negeri Tirai Bambu. Pada Oktober 2014, penjualan Toyota melonjak 27% dan melambung 26% pada September. Dan hingga bulan ke-11 tahun ini, penjualan Toyota tumbuh 12% menjadi 907.400 unit.

Nasib berbeda dialami Honda Motor Co. Pabrikan mobil terbesar ketiga Jepang ini mencatat penurunan penjualan di China sebesar 12 persen year on year menjadi 72.973 unit pada November. Penurunan penjualan ini juga dipengaruhi lesunya permintaan sedan Accord dan crossover CR-V.

Pada 11 bulan pertama tahun ini, penjualan Honda turun satu persen menjadi 646.127 unit, sehingga membuka peluang bagi raksasa otomotif Jepang ini untuk mencatat penurunan penjualan tahunan kedua berturut-turut dalam tiga tahun terakhir.

Pada awal tahun ini, Honda telah memangkas target penjualan di China sebesar 100.000 unit menjadi 800.000. Serangkaian recall juga sangat mempengaruhi kinerja penjualan Honda.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here