Bosch Siapkan Girboks Semi Matik Bernama eClutch

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Situasi lalu lintas yang kian padat dan kemacetan di mana-mana, telah memunculkan respons positif dari pengguna mobil di India terhadap transmisi otomatis. Itu terlihat dari semakin banyaknya populasi mobil tanpa kopling di Negeri Bollywood saat ini.

Merespons kondisi ini, raksasa komponen otomotif asal Jerman, Bosch, menciptakan sistem transmisi pintar semi otomatis bernama eClutch. Tak seperti transmisi matik, eClutch hanya mengotomatiskan kopling, bukan transmisinya.

Cara kerjanya adalah pedal kopling tanpa kabel ini menyalurkan sinyal elektris ke sebuah aktuator, yang akan memisahkan kopling. Dalam kondisi lalu lintas macet, pengemudi mobil bertransmisi manual dapat menggunakan gigi satu tanpa harus menginjak pedal kopling.

Sebuah sensor khusus mendeteksi dimulainya penggantian gigi dan menyesuaikan kecepatan mesin, yang membantu memuluskan perpindahan gigi. Untuk memperkenalkan teknologi baru ini, Bosch menggunakan mobil Honda Brio untuk pengujian.

Dengan penggunaan Brio sebagai mobil tes, itu menandakan Bosch akan menawarkan teknologi eClutch untuk mobil kompak untuk tahap awal. Dalam hal biaya, Bosch mengklaim eClutch jauh lebih murah dari transmisi otomatis konvensional. Selain itu, eClutch juga menjanjikan keiritan bahan bakar dan rendah emisi.

Bosch mengklaim bahwa dalam mode start-stop, konsumsi bahan bakar dapat terpangkas 10 persen, demikian seperti dilansir Autocarpro. Untuk pasar India, eClutch rencananya akan diperkenalkan pada 2016. Kapan untuk pasar Indonesia?

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here