BMW Punya Teknologi Parkir Sendiri Canggih

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – BMW bakal memboyong teknologi pintar terbarunya ke ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas.

Ada dua teknologi baru yang akan dipamerkan, yaitu teknologi penghindar tabrakan dan sistem parkir otonom. Kedua sistem anyar yang dilengkapi empat  pemindai laser ini akan disematkan pada model i3.

Menurut laporan LA Times, teknologi penghindar tabrakan ini membuat mobil dapat ‘melihat’ sekeliling dengan jangkauan 360 derajat, sehingga dapat menghindari berbagai halangan di jalan.

Jika mobil mendekati sebuah benda keras, sistem akan memberikan tekanan pada pedal rem untuk memperlambat laju kendaraan dan berhenti sebelum menabrak benda tersebut, kecuali ada intervensi dari pengemudi.

Tapi dari kedua teknologi anyar BMW itu yang paling menarik adalah Remote Valet Parking Assistant. Sistem ini menggunakan sensor untuk menavigasi ruang parkir yang tersedia di gedung parkir atau di lokasi parkir.

Sistem ini tidak bergantung pada GPS, sebab terkadang sinyal hilang atau melemah akibat terhalang tembok atau tiang gedung parkir. Sebagai gantinya adalah sensor yang dapat melacak adanya ruang parkir yang tersedia bagi mobil tersebut untuk parkir sendiri.

Asyiknya, setelah tiba saatnya mobil meninggalkan lokasi parkir, pengemudi dapat memanggil mobil pintar tersebut dengan menggunakan Smart Watch, dan mobil secara otomatis dapat kembali ke pintu masuk lokasi parkir untuk menjemput pengemudinya.

Meski i3 masih prototipe, mobil riset ini menunjukkan kehebatan teknologi otonom BMW yang akan memiliki fungsi otomatis untuk semua jajaran produknya pada 2020.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here