BMW Siap Menggebrak Segmen FCV dengan i5

RAJAMOBIL.COM, Munich – Jika Toyota, Hyundaidan Honda sudah lebih dulu memiliki kendaraanfuel cell hidrogen, BMW masih terus melakukan pengembangan dengan menjalin kerjasama bersama Toyota.

Sebelumnya, BMW sudah melakukan uji coba kendaraan berbahan bakar hidrogen. Pada 2007 silam, BMW menguji 100 unit 7-Series yang menggunakan mesin 6.9-liter V12 yang bisa meminum bensin atau pun hidrogen. Model eksperimen tersebut mampu membangkitkan tenaga 256 bhp dan torsi 290lb ft, dan akselerasi dari posisi diam menuju kecepatan 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik.

Saat ini mobil tes generasi pertama BMW berbahan bakar hidrogen itu masih terus dikembangkan dengan teknologi yang digarap bareng Toyota. Kemajuan utama dari pengembangan mobil hidrogen ini adalah fuel cell dan tangki hidrogen.

Meski saat ini belum memiliki model produksi untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen, namun raksasa mobil mewah Jerman ini akan siap menggebrak dengan produknya dalam beberapa tahun ke depan.

Ada kemungkinan BMW masih akan menyematkan emblem ‘i’ pada model-model berbahan hidrogennya di masa mendatang, berdampingan dengan mobil listrik i3 dan i8 yang sudah lebih dulu meluncur, demikian seperti dilansir Autocar.

BMW i5 disebut-sebut akan menjadi model pertama yang akan menggunakan teknologi fuel cellanyar, yang merupakan pengembangan dari teknologi yang dipakai oleh Toyota FCV.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here