AS Cetak Rekor Baru Recall Kendaraan

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Industri otomotif AS mencetak sejarah baru sekaligus rekor anyar untuk jumlah kendaraan yang terkena recall dengan beragam masalah teknis.

Tahun 2014 tercatat jumlah recall kendaraan mencapai lebih dari 60 juta unit. Angka sebesar itu muncul karena sejumlah pabrikan melakukan langkah antisipatif dengan menarik produk dari pasar untuk pengecekan atau perbaikan. Bahkanrecall banyak terjadi sebelum insiden menelan korban.

Menurut data National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), seperti dilansir Bloomberg,kasus terbesar yang memicu recall besar-besaran adalah masalah pada switch kontak kendaraan buatan General Motors dan masalah pada airbag buatan Takata yang menimpa sejumlah kendaraan dari berbagai merek.

Angka resmi recall dari database NHTSA adalah 60,5 juta unit kendaraan hingga akhir pekan lalu, yang merupakan rekor baru untuk kasus recall, atau hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya yang mencapai 30,8 juta unit pada 2004.

Untuk rekor baru itu, GM  menyumbang hampir 27 juta kendaraan di AS, yang merupakan rekor terbaru untuk jumlah recall yang dicatat oleh sebuah pabrikan mobil. Kemudian Honda Motor Co. berkontribusi sebanyak 5,4 juta unit kendaraan untuk masalah airbag lansiran Takata.

Kasus recall lainnya melibatkan lebih dari satu juta kendaraan dari berbagai merek, dengan berbagai masalah, seperti sistem kemudi, cruise control, mesin dan sabuk pengaman. Selain itu masih ada jutaan kendaraan lagi yang mengalami beragam masalah teknis.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here