Bajaj Auto Siap Pensiunkan Bajaj Roda Tiga?

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Bajaj Auto siap melakukan revolusi terhadap produk angkutan perkotaan yang selama ini dikenal dengan kendaraan roda tiga, termasuk di Jakarta.

Produk anyar yang tampil pertama kali di ajang Auto Expo 2012 itu adalah RE60. Kendaraan ini bukan lagi beroda tiga, melainkan roda empat seperti mobil.

Uniknya, Bajaj tak menyebut ini sebagai quadricycleatau sepeda motor roda empat, bukan kendaraan roda empat layaknya mobil. Meski sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji di jalan raya, namun Bajaj roda empat ini belum bisa meluncur di jalan raya secara resmi karena masih menunggu persetujuan pemerintah soal kategori baru sebagai kendaraan angkutan orang.

Padahal sebelumnya Bajaj RE60 sudah dijadwalkan meluncur ke pasar pada Oktober 2014 seiring pemberian kategori sebagai quadricycle. Diyakini izin itu akan segera keluar karena secara aspek keamanan, Bajaj RE60 ini jauh lebih mumpuni ketimbang Bajaj roda tiga. Itu berkat bodinya yang sudah monokok dan tempat duduk depan maupun belakang juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman sebagai peranti standar. Setirnya juga tak lagi seperti sepeda motor, tetapi berubah seperti lingkar kemudi mobil.

Jika izin operasi sudah keluar, dapat dipastikan Bajaj akan segera mengekspor model ini ke sejumlah negara, seperti Sri Lanka, Nigeria, Bangladesh dan juga kemungkinan Indonesia.

Untuk spesifikasinya, Bajaj RE60 menggendong mesin empat langkah 216cc dengan silinder tunggal yang mampu menghasilkan tenaga 20 BHP dan dipadu dengan girboks manual lima percepatan. Bajaj, seperti dilansir autoblog.com, mengklaim efisiensi bahan bakar mencapai 35 km/liter, sedangkan emisi CO2 sebesar 60 g/km. Selain itu, Bajaj juga akan menawarkan varian berbahan bakar LPG dan CNG.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here