GM Umumkan Tiga Recall Lagi, Sasar 84

RAJAMOBIL.COM, Detroit – General Motors (GM) mengumumkan tiga recall baru yang menyasar hampir 84.000 unit kendaraan jenis SUV dan pikap. GM menyatakan sistem pengapian bermasalah, yang dapat berpotensi menyebabkan mesin mati dan airbag tidak mengembang, demikian seperti dilansir Detroit News.

Masalah pengapian yang dipicu kerusakan padaswitch kontak telah memicu recall besar-besaran oleh GM sepanjang 2014. Setelah terjadi kecelakaan yang menyebabkan lebih dari 40 korban jiwa, telah mendorong GM melakukan recallterhadap lebih dari 2,5 juta unit kendaraan.

Dengan tambahan tiga penarikan baru ini, maka jumlah program recall GM menjadi 84 kali yang diumumkan produsen otomotif terbesar AS ini pada 2014. Adapun 84 kampanye recall pada 2014 itu telah melibatkan 26,95 juta kendaraan, yang merupakan rekor tersendiri untuk jumlah kendaraan terkena recall.

Angka itu hanya untuk pasar AS, sementara di pasar global mencapai 30,43 juta kendaraan. Untuk serangkaian recall terbaru ini tidak menyebabkan kecelakaan atau korban luka-luka, dan perbaikan difokuskan sistem kelistrikan kendaraan.

Meski demikian, 83.572 unit kendaraan yang di-recall untuk kasus terbaru ini, sedikitnya 500 unit diyakini mengalami masalah pada aktuator pengunci kunci kontak. Masalah ini menyebabkan kunci kontak macet pada posisi ‘start’.

Jika kendaraan mengalami masalah seperti itu saat tengah berjalan, silinder pengunci kunci kontak dapat bergerak ke posisi ‘accessory’, akan mempengaruhi tenaga mesin, power steering dan pengereman. Sejumlah model yang terkena penarikan meliputi beberapa model Chevrolet Silverado, Avalanche, Tahoe dan Suburban.

Selain itu juga GMC Sierra, Yukon dan Yukon XL. Sedangkan untuk merek Cadillac mencakup Escalade, Escalade ESV dan Escalade EXT. Sejumlah model yang termasuk dalam program recallterbaru adalah model 2011 dan 2012, termasuk model 2007-2014 yang sudah diperbaiki komponennya yang rusak.

Recall lainnya adalah membidik 56 unit Chevrolet Silverado HD dan GMC Sierra HD untuk model 2015 karena bermasalah pada klem selang bahan bakar. Sedangkan recall ketiga mencakup 152 unit Chevrolet Silverado dan GMC 1500 model 2015 akibat masalah pada poros roda belakang. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here