Industri Otomotif India Siap Hasilkan Produk Berkualitas

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Tahun ini menjadi awal bagi pabrikan mobil di India untuk mulai meningkatkan mutu produk demi memenuhi regulasi keselamatan lebih ketat.

Sejumlah perwakilan industri mobil di India, seperti dilansir The Times of India, menyatakan bahwa memenuhi standar keselamatan baru bukanlah masalah besar, karena mereka sudah mulai menambahkan sejumlah fitur keselamatan dan peningkatan struktur bodi terhadap beberapa model kendaraan yang beredar sekarang.

Dengan penambahan fitur keselamatan baru itu memang akan memberatkan konsumen karena pasti akan mendongkrak harga. Namun jika dibandingkan dengan keselamatan, mengeluarkan uang lebih untuk mobil yang aman tentu lebih baik ketimbang harus bertaruh dengan nyawa.

Langkah persiapan para pabrikan otomotif India itu sebagai antisipasi dari penetapan tenggat pada Oktober 2017 agar semua mobil yang beredar di negeri itu memenuhi persyaratan minimum dalam uji tabrak. Tenggat itu akan diwajibkan kepada seluruh mobil yang akan meluncur di pasar mulai 2017, dan tak terkecuali untuk mobil murah.

Sedangkan pada 2018, seluruh model kendaraan yang ada sekarang ini harus memenuhi standar keselamatan yang baru. Itu artinya, berbagai model murah seperti Tata Nano dan Maruti Suzuki Alto 800 juga harus menyiapkan diri memenuhi regulasi tersebut, termasuk penambahan fitur keselamatan seperti ABS dan airbag.

Lanskap keselamatan mobil di India telah berubah cepat dalam beberapa tahun terakhir seiring peningkatan daya beli dan kian tingginya kepedulian masyarakat terhadap keselamatan berkendara. Terlebih lagi, beberapa model yang gagal dalam uji tabrak NCAP, telah menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya aspek keselamatan mobil untuk ditingkatkan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here