Proton Suprima S dan Ford Focus Adu Performa, Siapa Menang?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Berbicara soal performa, baik Proton Suprima S maupun All NewFord Focus menyajikan tenaga dan sensasi berkendara yang berbeda.

Proton membekali hatchback Suprima S dengan mesin CVE 1.600 cc, empat silinder Turbo Campro yang setara mesin 2.000 cc dan dapat mengeluarkan tenaga mencapai 140 Ps. Transmisi mobil ini menggunakan teknologi CVT lengkap denganpaddle shift tujuh tingkat percepatan untuk merasakan sensasi berkendara sebuah mobil manual.

Dengan paduan mesin dan transmisi tersebut, Proton Suprima S dapat berakselerasi dari 0 menuju kecepatan 100 km/jam kurang dari 10 detik. Berbeda dari Proton yang hanya menyediakan pilihan kapasitas mesin1.6-liter, hatchback All New Focus dibekali dua varian mesin, yakni 1.600 cc dan 2.000 cc. Untuk performa, Focus bermesin 1.6-liter memiliki tenaga mencapai 125 Ps/6300 rpm. Sedangkan untuk mesin 2.0-liter, Ford Focus anyar mampu menyemburkan tenaga hingga 170 Ps/6.600 rpm.

Untuk urusan fitur, bisa dibilang All New Ford Focus lebih mumpuni dari Proton Suprima S. Sebut saja Active Park Assist untuk memudahkan parkir pararel, fitur ini memungkinkan mobil bisa secara otomatis parkir paralel.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup menekan tombol pada panel instrumen yang akan mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar di antara mobil yang diparkir. Fitur tersebut bisa bekerja pada ruang sekurangnya 20% lebih panjang daripada panjang Focus secara keseluruhan.

Unsur baru lainnya adalah fitur Active City Stop, yang dapat membantu mengurangi risiko tabrakan pada kecepatan rendah (30 km/jam). Kerja fitur satu ini menggunakan sensor lidar (Light Detection And Ranging) yang tersemat di bagian atas kaca depan. Fitur ini bisa memantau kendaraan atau halangan di depan All New Focus hingga sekitar 7,6 meter. Jika ada halangan di depan, mesin akan tiba-tiba melambat. Fitur ini tersedia pada model Titanium+ dan Sport+.

Salah satu fitur cerdas pada All New Focus lainnya yakni Blind Spot Information System. Dengan sistem ini, mobil bisa mengetahui jika ada kendaraan tersembunyi di zona blind spot di sisi kiri dan kanan kendaraan. Masih kurang puas?

All New Ford Focus juga dilengkapi smart keyless entry yang memudahkan pengguna dalam mengunci atau membuka pintu. Sedangkan untuk fitur keamanannya, All New Focus sudah dilengkapi Airbag, ABS + ESP with Hill Launch Assist dan sensor parkir.

Beralih ke Proton Suprima S. Hatchback asal Negeri Jiran Malaysia ini sudah dilengkapi fitur keamanan yang mumpuni di kelasnya. Proton Suprima S mendapatkan lima bintang dari Australian Car Assessment Program (ANCAP) berkat keamanannya karena sudah dilengkapi enam airbag, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, rem ABS, EBD dengan empat buah disc brake dan Traction Control.

Untuk urusan fitur jelas All New Ford Focus pemenangnya. Tapi patut diperhitungkan juga Proton Suprima S yang mumpuni dalam hal performa dan juga sudah dilengkapi fitur keamanan kelas atas. Menilik harganya yang berada di bawah All New Focus, mestinya Proton Suprima S bisa jadi pilihan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here