960 Unit Mobil Dibakar di Prancis

RAJAMOBIL.COM, Paris – Sebanyak 940 mobil telah dibakar di Perancis. Kenapa? Ini merupakan tradisi tiap tahun para pemuda di Prancis.

Jalopnik melansir, angka mobil yang terbakar tahun ini menurun 12%. Sebelumnya 2014, sebanyak 1.067 mobil telah dibakar di Prancis dalam tradisi tersebut.

Juru bicara Kementerian Perancis, Pierre-Henry Brandet menyatakan tradisi bakar mobil pada Tahun Baru memang sangat populer di wilayah Prancis bagian timur. Dalam beberapa tahun wilayah Paris juga melakukan tradisi yang sama.

Tradisi bakar-bakaran ini dimulai sejak 1990. Kabarnya, banyak oknum bertujuan menghilangkan barang bukti kejahatannya, atau juga para penipu yang ingin membuat klaim asuransi palsu.

Aksi bakar-bakaran mobil ini juga dilakukan para remaja yang ingin mengungkapkan ekspresinya saat malam pergantian tahun.

Tradisi ini sempat terhenti ketika Nicolas Sarkozy terpilih menjadi presiden pada 2007. Namun hal ini terulang lagi ketika pemerintahan sosialis kembali berkuasa malalui Francois Hollande yang terpilih pada 6 Mei 2012, setelah itu jumlah mobil yang dibakar kembali diberitakan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here