Mobil Sport Tanpa Airbag, Kok Bisa?

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Kalau sudah menyandang predikat mobil sport, aspek keselamatan wajib menjadi perhatian utama. Tapi pakem itu sepertinya dilupakan produsen bernama Dilip Chhabria (DC). Pabrikan mobil asal India ini berencana meluncurkan mobil sport pertama dalam waktu dekat.

Mobil sport berdesain apik layaknya mobil sport eksotis asal Italia itu pertama kali diperkenalkan pada ajang Auto Expo pada 2012di India. Rediffmelansir, DC telah beberapa kali menguji mobil sport bernama Avanti ini sebelum resmi meluncurkannya tak lama lagi.

Tapi dari serangkaian uji coba itu terkuak sebuah fakta yang mencengangkan. Model sport itu ternyata tak dilengkapi kantung udara alias airbag. Untuk menunjang keselamatan pengemudi dan penumpangnya, DC hanya menyematkan sistem pengereman ABS dan lampu rem tambahan di dekat kaca kecil di bagian belakang kabin.

Tak dapat dibayangkan sebuah mobil sport modern tak dilengkapi airbag. Padahal, mobil dua pintu ini memiliki kecepatan maksimum 180 km/jam. Tenaga 250 Hp dan torsi 241 Nm dihasilkan dari mesin bensin 2.0-liter turbocharged pasokan dari Renault, yang dipadu dengan girboks manual 6 percepatan.

Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam, Avanti sanggup menempuhnya dalam waktu enam detik. Coba bayangkan, betapa mobil ini memiliki performa yang cukup untuk membawa ke zona maut bila tak dilengkapi airbag.

Kita tinggal tunggu hasil uji tabrak NCAP atau lembaga lain untuk mengetahui seberapa aman mobil ini melindungi pengemudi dan penumpangnya. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here