BMW Punya Program Pengisian Baterai EV Efisien

RAJAMOBIL.COM, Las Vegas – BMW memperkenalkan program percontohan pengisian baterai mobil listrik (EV) yang efisien dalam ajang Consumer Electronics Show 2015.

Dalam program tersebut, BMW bekerja sama dengan sekelompok pemilik BMW i3 dan Pacific Gas & Electric Company (PG&E) di California. Melalui program ini akan dipelajari berapa waktu yang dibutuhkan dalam pengisian baterai mobil listrik di stasiun pengisian baterai.

Dalam program tersebut, BMW akan mencoba mengefisienkan waktu pengisian baterai sehingga total biaya kepemilikan mobil listrik dapat terpangkas. Pada akhirnya, konsumen akan melihat bahwa memiliki mobil listrik tidaklah repot dan mahal, demikian seperti dilansir Detroit News.

Tujuan dari program ini adalah memberikan PG&E kapasitas listrik 100 kilowatts di stasiun pengisian baterai, sekali pun saat itu stasiun tengah penuh mobil listrik yang mengisi ulang baterai. Dengan kerjasama tersebut, pemilik mobil BMW dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang baterai, sehingga urutan antrean di stasiun pengisian baterai dapat dikurangi.

Program ini akan melibatkan 100 pemilik BMW i3 yang akan mendapatkan insentif sebesar US$1.000 atas partisipasi mereka. BMW dan PG&E akan memonitor tingkat isian dalam urutan pengisian baterai. Jika pada satu kesempatan urutan mobil yang antre mengular, BMW akan menunda mengisi ulang baterai hingga satu jam berikutnya, sehingga akan dapat mengurangi antrean.

Pada saat itu pemilik BMW i3 akan diberitahukan untuk menunda mengisi ulang baterai, sehingga mereka dapat melanjutkan perjalanan dan terus mengisi baterai via aplikasi smartphone. Untuk diketahui, waktu pengisian baterai yang membutuhkan waktu lama menjadi salah satu kendala yang membuat banyak orang enggan membeli mobil listrik. Belum lagi jarak tempuhnya yang terbatas.

Itulah mengapa Tesla sampai harus membangun jaringan stasiun pengisian baterai di sejumlah kota besar di AS. Sementara BMW juga memiliki alat pengisian baterai berharga terjangkau dan lebih sederhana agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here