Tesla Bakal Produksi 500.000 Unit Mobil di 2020

RAJAMOBIL.COM, Las Vegas – Keberadaan Gigafactory, yaitu pabrik pembuatan baterai mobil listrik skala besar yang sedang Tesla Motors bangun bersama Panasonic, akan berimbas pada peningkatan produksi mobil listrik Tesla.

Chairman dan CEO Panasonic Joe Taylor, di sela pembukaan Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, mengatakan Tesla akan memproduksi 500.000 mobil listrik hingga 2020 berkat dukungan Gigafactory.

Dengan asumsi itu, produksi mobil listrik Tesla tumbuh 15 kali lipat dibandingkan dengan produksi selama 2014, yang mencatat sebanyak 35.000 unit, demikian seperti dilansir Businessinsider.

Seperti diketahui, Gigafactory adalah fasilitas produksi baterai mobil listrik yang dibangun bersama oleh Tesla dan Panasonic di negara bagian Nevada, AS. Pabrik itu akan memproduksi baterailithium-ion dengan harga lebih murah untuk disematkan pada kendaraan lansiran Tesla.

Saat ini Panasonic ikut berperan dalam menciptakan sel baterai yang dipakai sedan Model S. Perusahaan elektronik asal Jepang itu berjanji untuk berinvestasi senilai ratusan juta dolar AS di pabrik tersebut.

Biaya pembuatan baterai kerap jadi kendala terbesar bagi pertumbuhan penjualan mobil Tesla. Oleh karena itu, dengan keberadaan Gigafactory, Tesla berharap dapat menurunkan biaya produksi baterai hingga 30%.

Gigafactory senilai US$5 miliar itu dijadwalkan dibuka pada 2017 dan akan menyerap lebih dari 6.500 tenaga kerja. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here