Ford Estimasi Mobil Otonom Meluncur 5 Tahun Lagi

RAJAMOBIL.COM, Las Vegas – Mobil otonom bukan lagi sebatas fiksi, tapi sebuah fakta. Namun demikian, untuk saat ini mobil tersebut belum layak jalan.

Belum layak jalan bukan berarti teknologinya yang belum meyakinkan, tapi lebih kepada dukungan infrastruktur dan regulasinya yang belum siap secara luas. Buktinya, hanya sedikit negara bagian di AS yang sudah mengizinkan mobil yang bisa berjalan tanpa kendali pengemudi ini beroperasi di jalan umum.

Pendapat itu diamini CEO Ford Mark Fields. Tetapi kepada Bloomberg dalam acara media dinnerjelang pembukaan Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, Fields menegaskan, mobil otonom tak butuh waktu lama untuk dapat beroperasi bebas di jalan umum.

“Mungkin dalam lima tahun ke depan Anda akan melihat pabrikan memperkenalkan mobil otonom secara resmi ke pasar,” ujarnya.

Saat ini sejumlah pabrikan mobil berlomba mengembangkan mobil otonom yang dapat menavigasi lalu lintas tanpa input langsung dari pengemudi. Bahkan di ajang CES 2015, Mercedes-Benz memperkenalkan mobil otonom empat tempat duduk bernama F 015.  Selain berdesain futuristik, kabin mobil ini bagaikan pesawat luar angkasa yang ada dalam film fiksi.

Begitu juga dengan Audi yang memperkenalkan mobil otonom bernama A7. Mobil ini mampu menuntaskan perjalanan dari Los Angeles menuju Las Vegas tanpa hambatan demi menghadiri CES 2015.

Sementara Ford tengah melakukan pengujian terhadap mobil otonom di Michigan. Berbeda dengan Google, Audi dan Mercedes-Benz yang mengantongi izin untuk melakukan pengujian di jalan umum di California. Sejauh ini baru negara bagian California, Nevada, Florida, dan Michigan yang mengizinkan mobil otonom beroperasi di jalan umum. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here