GM Estimasi Penjualan Mobil di AS 16,5 Juta Unit

RAJAMOBIL.COM, Detroit – CEO General Motors Co. Mary Barra memperkirakan penjualan mobil di AS tahun ini meningkat 3%, seiring meningkatnya pembeli berusia muda, pulihnya ekonomi, dan turunnya harga BBM.

“Perekonomian AS dan penjualan mobil telah bangkit sejak 2009, dan kami yakin masih banyak celah kosong bagi pertumbuhan industri otomotif,” kata Barra dalam pernyataan tertulis seperti dilansirWSJ.

Barra mengestimasi penjualan mobil kompak di AS selama 2015 mencapai 16,5 juta hingga 17 juta unit, dibandingkan dengan 16,5 juta unit yang terjual tahun lalu. Sementara penjualan selama 2014 adalah performa terkuat sejak 2006, dan terakhir kali angka penjualan mencapai 17 juta unit pada 2001.

Bagi Barra, tahun ini saatnya GM untuk mengalihkan perhatian terhadap segmen pembeli muda dengan melahirkan model-model lebih segar. Adapun prahara recall yang terjadi tahun lalu telah merontokkan harga saham GM sebesar 14% selama 2014.

Sementara itu, analis dari Morgan Stanley, Adam Jonas, mengatakan ada peluang saham GM menyentuh US$40 pada kuartal pertama tahun ini berkat rendahnya harga BBM.

Saham GM bergerak di kisaran US$35 setelah sempat anjlok hingga US$29,79 pada awal Oktober. Saham GM dibuka di level US$33 pada November 2010 setelah perusahaan otomotif ini melakukan penawaran saham perdana (IPO) menyusul kondisi pailit pada 2009. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here