Siapa Bilang Mobil CNG Tak Aman dan Nyaman?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Selama ini banyak pihak khawatir menggunakan CNG sebagai bahan bakar alternatif, terutama tentang keamanan dan kenyamanannya.

Tapi kekhawatiran itu ditepis oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, yang menjadi produsen bahan bakar gas alam terkompresi (compressed natural gas/CNG). Untuk membuktikan bahwa mobil berbahan bakar CNG aman, PGN mengundang para jurnalis otomotif dari sejumlah media massa nasional melakukan test driveterhadap kendaraan operasional yang selama ini beroperasi dengan bahan bakar CNG.

Dalam ajang test drive yang digelar di Jakarta, Kamis (15/1), kendaraan yang dipakai meliputi Toyota Innova (Tipe V-AT berkapasitas 2.000 cc tahun 2013), Daihatsu Terios (Tipe TX-AT, tahun 2014, 1.500 cc), dan Toyota Camry (Tipe V-AT, tahun 2013, 2.500 cc).

Dari sisi efisiensi biaya, tak terbantahkan jika CNG sebagai alternatif bahan bakar untuk masa depan. Pasalnya, di saat harga bahan bakar minyak (BBM) semakin fluktuatif karena pengaruh pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dan melonjaknya harga minyak dunia, harga CNG di Tanah Air cenderung stabil.

Untuk diketahui, harga BBM jenis premium per liter berada di angka Rp7.600, sedangkan harga satu liter setara premium (LSP) bahan bakar gas (BBG) jenis CNG hanya Rp3.100.

Selain membuktikan efisiensi biaya penggunaan CNG, test drive yang mengambil rute PGN-Segara (Ancol)-PGN, juga diharapkan bisa menjawab pertanyaan seputar faktor keamanan dan kenyamanan berkendara ketika menggunakan CNG.

Vice President Corporate Communication PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Ridha Ababil pernah berujar, pihaknya sudah mendata soal keamanan berkendara dengan mengonsumsi BBG.

“Bajaj dan TransJakarta yang selama ini menggunakan BBG tidak pernah ada kasus yang meledak, dengan demikian penggunaan BBG dijamin keamanannya,” paparnya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here