Konsumsi BBM Pertimbangan Utama Beli Mobil Baru

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Boleh saja harga BBM sudah turun, tapi dalam hal membeli mobil, tingkat konsumsi BBM tetaplah menjadi pertimbangan utama.

Berdasarkan hasil penelitian JD Power and Associates yang terangkum dalam Avoider Study, para pembeli mobil baru menempatkan tingkat konsumsi BBM di posisi teratas dalam faktor penentu sebelum memutuskan untuk membeli.

Penempatan tingkat konsumsi BBM sebagai pertimbangan utama di kalangan pembeli mobil baru sudah berlangsung selama empat tahun terakhir, khususnya di Amerika Serikat. Pertimbangan seperti itu pantas dilakukan konsumen di Negeri Paman Sam menyusul krisis yang melanda sejak 2008 lalu.

Menurut catatan LA Times, studi itu dilakukan berdasarkan respons dari sekitar 30.000 pemilik mobil yang membeli mobil pada April atau Mei 2014, sebelum harga BBM mulai jatuh.

Dalam studi itu juga terungkap, mayoritas responden juga mempertimbangkan atau membanding-bandingkan rata-rata 3,2 kendaraan sebelum membeli, sama seperti setahun sebelumnya. Dari mereka yang disurvei, 14% mengatakan tingkat konsumsi BBM menjadi alasan paling menentukan untuk membeli mobil.

Tingkat efisiensi BBM juga menjadi alasan umum terbanyak kedua bagi mereka untuk menolak model-model tertentu setelah  menjadi pertimbangan mereka.

Selain itu, 27% responden ternyata tidak mempertimbangkan kendaraan hybrid, dengan alasan harganya terlalu mahal, sementara 15% tidak mempertimbangkan model tertentu karena kurangnya kelengkapan fitur terkini. Kemudian, alasan utama konsumen menghindari sejumlah model tertentu adalah karena desain eksterior, selanjutnya diikuti oleh biaya atau harga dan estetika interior. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here