Mercedes Ganti Mesin 5.5 Liter AMG V8 Pada 2016

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mercedes-AMG memutuskan tidak mencangkokkan mesin 5.5-liter twin-turbo V8 pada sejumlah model anyar Mercedes setelah tahun depan.

Meski baru diperkenalkan pada 2011 dan mendapat acungan jempol berkat tenaga besar yang dihasilkan, respons pedal gas dan suara, namun mesin berkode M157 ini akan digantikan dengan mesin anyar twin-turbo 4.0-litre V8.

Menurut Mercedes, seperti dilansir Autocar, mesin baru itu sudah digunakan oleh model Mercedes-AMG GT dan akan dipasangkan pada model terbaru C63 mendatang.

Walaupun poporsinya lebih kecil, namun mesin baru ini memiliki tenaga lebih besar ketimbang mesin M157, selain diklaim memiliki tingkat efisiensi BBM dan emisi karbon lebih baik.

Untuk mesin 5.5 liter masih akan dipertahankan dan akan digunakan pada GLE Coupe, yang diperkenalkan pada Detroit Auto Show, dan aplikasi final pada mobil baru akan dilakukan pada versiconvertible dari S-class coupe. Model ini baru akan diperkenalkan pada 2016.

Jika melihat siklus produk Mercedes-Benz yang terjadi saat ini, tampaknya mesin lawas masih akan diproduksi hingga akhir dasawarsa ini. Tapi bisa saja asumsi itu berubah jika melihat perkembangan di industri otomotif yang begitu cepat. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here