Mobil Besutan JLR tak Bakal Tabrak Sepeda

RAJAMOBIL.COM, London – Jaguar Land Rover(JLR) saat ini tengah mengembangkan teknologi keselamatan baru bernama ‘Bike Sense’ untuk membantu mencegah tabrakan dengan sepeda atau sepeda motor.

Bike Sense menggunakan kombinasi warna, suara dan sentuhan pada sistem di dalam mobil untuk memperingatkan pengemudi sebelum mereka melihat ada pengendara sepeda atau sepeda motor di sekitar kendaraan.

JLR mengatakan, sistem ini dapat mengenali antara sepeda dan sepeda motor, dan sistem akan mengaktifkan lampu dan suara (hazard) untuk memperingatkan pengemudi mengenai potensi bahaya sehingga mobil bisa menghindarinya.

Lampu LED di dalam kabin akan memberitahu pengemudi posisi keberadaan sepeda, dan klakson sepeda motor atau bel sepeda akan berbunyi di speaker mobil yang menandakan apakah itu sepeda atau sepeda motor yang berada di dekat mobil.

Bike Sense juga dapat memprioritaskan hazard ketika terdapat sejumlah pesepeda, pengguna sepeda motor atau pejalan kaki berada di sekitar mobil, dan ketika mobil parkir, handel pintu akan menyala dan bergetar jika ada potensi sepeda atau sepeda motor akan melintas saat pengemudi membuka pintu.

Hebatnya lagi, demikian seperti dilansir Autocar, sistem dapat mengidentifikasi hazard yang terhalang oleh sepeda yang stasioner. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here