Audi Enggan Pasarkan Model A1 di AS

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Berbeda denganVolkswagen yang kesulitan menaklukkan pasar AS melalui Golf, merek ‘sekandungnya’, Audi, justru kebanjiran pesanan untuk A3. Padahal kedua model itu menggunakan platform yang sama, meski dari sisi harga memang jauh berbeda.

Untuk tahun lalu saja, Audi A3 terjual sebanyak 22.250 unit. Meski terbilang cukup sukses dengan A3, tapi Audi belum bisa memberikan jawaban atas banyaknya permintaan konsumen AS untuk mendatangkan model yang lebih kecil, yakni A1.

Dalam sebuah wawancara dengan Wards Auto, bos penjualan dan pemasaran Audi, Luca de Meo, menegaskan bahwa mereka tidak akan masuk ke segmen hatchback supermini karena khawatir akan saling bunuh dengan model lainnya, seperti Q1 atau bahkan A3.

Diperkenalkan pertama kali di Eropa pada 2010, A1 adalah subkompak yang menggunakan platformPQ25, sama dengan VW Polo. Model ini lebih pendek dari A3 dan tersedia dalam beberapa varian mesin, mulai dari 1-liter bertenaga 95 Hp hingga 2-liter yang memiliki performa sama dengan Golf GTI.

Selama 2014, Audi menikmati tingginya permintaan untuk New A3 di Amerika dan mereka tengah berjuang untuk dapat memenuhi melonjaknya permintaan. A3 menjadi model terlaris keempat di jajaran model Audi lainnya di AS, setelah Q5, A4 dan A6. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here